TAUHID NEWS ONLINE

ISLAM IS THE GOLDEN WAY FIDDUNYA WAL AKHIRAH

Jangan Lari dari Masalah

masalah

“Jangan lari dari masalah”, hal ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perkataan berupa nasehat, baik yang di ucapkan oleh orang tua atau sahabat terdekat kita.  Ungkapan tersebut sering dimaksudkan agar kita selalu siap menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Bukan hanya masalahnya harus diselesaikan tetapi kita perlu secepat mungkin menjadi orang yang pandai dalam menyelesaikan masalah, anda ingin tahu caranya agar bisa pandai mengatasi permasalahan?…..Ya jangan lari dari masalah, karena masalah itu juga merupakan solusinya.

Masalah anda pada keuangan? Bersedekahlah, Ingin cepat punya pasangan hidup? Bantulah orang lain agar cepat bisa menikah, Ingin cepat punya keturunan? Bantulah orang lain yang senasib, atau ikutlah menafkahi orang yang punya anak-anak yatim dan anak fakir miskin, Ingin cepat kerja? Bantulah pengangguran, Ingin cepat lulus kuliah? Bantulah teman-teman anda menyelesaikan tugas akhirnya atau bantulah biayanya, Ingin cepat naik pangkat? Promosikan teman-teman anda pada atasan yang layak naik pangkat, Ingin panjang umur? Berbuat baiklah pada orang lain dengan apa yang kita miliki.

Berikut Hadits tentang solusi dalam masalah;

“Barangsiapa melepaskan kesusahan seorang mukmin dari kesusahan dunia maka Allah SWT akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat“. (HR. Muslim)

“Barangsiapa memberi kemudahan orang yang dalam kesulitan maka Allah SWT akan memudahkan di dunia dan diakhirat”. (HR. Muslim)

“Barangsiapa menutup aib seorang muslim, maka Allah SWT akan menutup aibnya didunia dan diakhirat” (HR. Muslim)

“Dan Allah SWT selalu menolong hamba selama hamba menolong saudaranya”. (HR. Muslim)

“Barangsiapa yang menerima pembatalan jual beli seorang muslim maka Allah SWT menerima pembatalan kesalahannya”. (HR. Abu Daud & Ibnu Majah)

“Barangsiapa mencari-cari aib saudaranya niscaya Allah SWT akan mencari-cari aibnya, dan barang siapa yang aibnya dicari-cari oleh Allah SWT niscaya Allah SWT akan mempermalukan dia meskipun dia berada di dalam rumahnya sendiri.” (HR. Abu Daud no. 4236 dan At-Tirmizi no. 2032)

“Barangsiapa merugikan seorang muslim maka Allah SWT merugikannya” (HR. Abu Daud & Tirmidzi)

“Barangsiapa mempersulit urusan seorang muslim maka Allah SWT akan mempersulit urusannya” (HR. Abu Daud & Tirmidzi)

“Tidaklah seseorang menelantarkan seorang muslim pada saat dinodai harga dirinya dan dirusak kehormatannya maka Allah SWT akan menelantarkan disaat dia suka seandainya ditolong. Tidaklah seseorang menolong seorang muslim pada saat dinodai harga dirinya dan dirusak kehormatannya maka Allah SWT akan menolongnya disaat dia suka seandainya ditolong.” (HR. Abu Daud)

“Barangsiapa yang bertoleransi maka Allah SWT akan bertoleransi kepadanya” (Al I’lam Ibnul Qoyyim)

“Dan orang-orang yang mengasihi maka akan dikasihi oleh yang Maha Pengasih” (Fathul Bari)

“Sesungguhnya Allah SWT hanya akan menyayangi hamba-hambaNya yang kasih sayang” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Leave a comment

Information

This entry was posted on November 10, 2015 by in General, Hadist, News, Tauhid.